Senin, 21 Mei 2012

0 5 Karakter Suami Baik dalam Islam

Setiap wanita menginginkan suami yang baik dunia akhirat di bawah ini ciri-ciri suani yang  baik dunia akherat
Pertama, PERHATIAN
Suami yang memiliki perhatian terhadap istrinya adalah seorang suami sensitif, cepat menyadari kebutuhan istri, dari berbagai sudut. Apakah dalam hal kebutuhan materi, mental atau spiritual. Dia mengerti mood, dari ekspresinya, ucapan, tatapan mata, dan mungkin juga dari kondisi rumah di menit pertama ia melangkah kembali dari kerja. Mungkin dia tidak tahu apa yang sebenarnya benar atau apa sebenarnya yang kurang, tapi sikap dan perhatian akan membuat istrinya merasa dihargai dan diakui dalam kehidupan suami.
Mungkin dia tidak dapat memenuhi apa yang dibutuhkan tapi setidaknya dia telah meringankan beban emosional dari istrinya. Suami yang sensitif cepat akan berbau aroma kesedihan atau sukacita, dan akan mencoba untuk meredakannya, hanya untuk mengeksplorasi kehidupan istri.
Di antara indikasi perhatian adalah; menanyakan sederhana apa kabar, tidak menuntut jawaban langsung dari istri, diurus sendiri dan suka mengajak istri bicara. Meskipun hanya sebentar, sensitivitas ini adalah kesan yang baik di jantung istri.

Kedua, PASIEN
Perempuan maupun laki-laki, dilahirkan dengan karakter yang berbeda, tergantung pada latar belakang budaya, pengetahuan dan kehidupan. Manusia normal dan biasa, ada banyak karakter, ada di dalam dan keluar yang baik, buruk di luar namun baik dari dalam, ada yang baik di luar dan agak buruk di dalam, dan ada juga buruk di dalam dan luar .
Di sinilah kesabaran seorang suami akan diuji. Pasien terhadap sikap buruk dan di samping suami yang harus memiliki kesabaran tak terbatas untuk istri. Sebuah contoh kehidupan nyata telah terbukti sangat bijaksana oleh khalifah kedua (nabi penerus), Umar al-Khattab ra

Dikisahkan bahwa ada seorang pria datang ke Umar bin Khattab dengan niat untuk menuntut perilaku buruk istrinya. Dia berdiri di depan rumah Umar menunggu keluar. Sengaja ia mendengar istri Umar sedang berbicara buruk untuk Umar sedangkan Umar diam saja. Maka orang itu kembali dan berkata: "Jika hal seperti itu dengan Komandan percaya, apa tentang aku." Segera Umar keluar untuk melihat dia kembali lagi, lalu Umar berkata kepada orang itu: "Apakah ada yang bisa saya lakukan?" Jawaban manusia: "Wahai Panglima percaya, saya datang untuk mengeluh tentang perilaku buruk istri saya yang menyakitkan hati saya," kata Umar: "Wahai saudaraku, saya perlu bicara istri saya buruk karena itu adalah hak istri saya bahwa saya harus memenuhi Istri saya sudah memasak makanan, membuat roti untuk saya, mencuci pakaian saya, dan menyusui anak saya Semua yang bukan tugas saya.. Hatiku tenang jika saya tinggal jauh dari segala bentuk haram (unpermitted), jadi saya. diam sebagai jaminan. "
Itulah sikap bijaksana dari Umar bin Khattab. Dia sangat mengerti tentang hak-hak istri, dan karena itu ia memilih untuk bersabar. Sikap Umar bukanlah bentuk kelemahan, dia bersyukur untuk mendapatkan seperti istri. Umar tahu, kemarahan istrinya hanya sementara, mungkin karena kelelahan psikologis istrinya karena kerja keras dan mengambil peduli dari suami dan anak-anak.
Saya sudah membaca cerita ini sebagai remaja dan saya tidak tahu validitas cerita ini. Hanya saja. itu membuat saya terpesona dengan kesabaran dan usaha untuk mendengar Komandan suami dan bersamaan orang percaya dan masyarakat. Dan saya percaya semua perempuan juga mengagumi cerita ini, maksud saya, Anda akan kagum dengan tingkat kesabaran.
Nabi Muhammad saw juga sangat sabar terhadap istri-istrinya, terutama dalam hal ini adalah Aisyah ra Mengapa saya berbagi cerita di sini? Karena aisha akan melalui kehidupan remajanya dengan Nabi saw dan sikapnya yang tak jauh dari sikap wanita modern.
Tercatat dalam sikap Aisyah sirah terhadap suaminya (Nabi saw) yang bila dilihat pada pandangan pertama akan dianggap tidak sopan.
Aisyah tidak mengambil segala sesuatu begitu saja bahwa Nabi saw berkata kepadanya. Misalnya, ketika dia cemburu dan iri, Nabi merespon dengan mengatakan, "Tampaknya syaithan (setan) telah datang kepadamu." Aisyah bertanya balik kepada nabi, "Apakah ada syaithan dengan saya?". Nabi menjawab, "Tidak seorang pun kecuali dengan mereka ada syaithan." Aisyah bertanya lagi, "Dengan Anda juga?" Dan Nabi berkata, "Ya, hanya saja Tuhan membantu saya untuk mengalahkannya sehingga aku selamat. " [Hadits diriwayatkan oleh Muslim dan Nasa'i].
Aisha sangat cemburu dan kadang-kadang sangat emosional. Ingat ketika Nabi menerima ikan menjadi masak dari Safia (dikenal sebagai koki yang baik), apa Aisha telah dilakukan? Ia melanggar kapal Safia, meskipun kemudian menyesali perbuatannya.

Ketika ia bertanya kepada Rasulullah apa yang harus dilakukannya untuk menebus kesalahannya, dia menjawab, "bejana harus diganti dengan kapal yang sama, makanan harus diganti dengan makanan yang sama." [Hadits riwayat Abu Daud dan An-Nasa'i].
Aisyah juga memiliki kemampuan untuk membuat komentar tajam. Dia mengomentari Safia sebagai 'wanita Yahudi di tengah para wanita yang menjadi narapidana. Harus diingat, kata-kata Aisyah datang dari sifat mudanya dengan rasa yang sangat besar cinta dan kecemburuan dan sikap tidak melebihi batas.
Ah, seakan aku hanya merekam hanya 'jahat' dari Aisyah, tapi kebaikan dan kebajikan adalah tak tertandingi. Karena dia mendapat instruksi langsung dari Nabi SAW yang juga suaminya. Maksud saya adalah, lihatlah, hai manusia, hai suami, kesabaran teladan ditunjukkan oleh Nabi saw Anda. Dengan pasien itu, sikap Aisha matang dan kritis tumbuh dan akhirnya ia menjadi salah satu mufti (ulama & guru) setelah kematian Nabi saw. Dia tidak dibatasi oleh "hak veto" dari suami.
Dengan kata lain, kebaikan suami akan diuji ketika ia berhadapan dengan situasi yang menuntut kesabaran. "Bahkan jika seseorang menyakiti orang-orang dekat mereka, pasti tidak disengaja. Inilah yang terjadi pada suami dan istri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

cinta terakhir Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates